Cara Ngeblog | 5 Cara Ngeblog Yang Baik Buat Pemula

5 Cara Ngeblog Buat Pemula - Yo... Selamat datang di bloginfoin, bagaimana kabar kalian? saya harap kalian baik-baik saja.

Pada kali ini saya ingin berbagi tentang cara ngeblog untuk kalian semua, namun cara ngeblog kali ini bukanlah membahas masalah teknis dalam membangun blog atau konten blog, tetapi lebih ke dalam semangat dan jiwa menulis.

Tentu kalian bertanya-tanya, kenapa belajar ngeblog kali ini membahas tentang semangat dan jiwa menulis?

Jadi begini, jika kita sudah terjun kedalam dunia blog, peran utama yang harus kita mainkan adalah sebagai penulis, bukanlah melulu sebagai penghias blog, ahli SEO, atau semacam teknis blogging lainnya, karena akan ada saatnya kita berkecimpung kedalam ranah yang saya sebutkan barusan.
Intinya fokus dulu dalam menulis.
cara ngeblog,belajar ngeblog,cara membuat blog,cara ngeblog buat pemula,cara ngeblog yang baik,cara belajar ngeblog,cara buat blog,tips ngeblog

Tetapi bukan berarti ilmu SEO dan menghias blog tidak perlu kalian pelajari (Seo itu wajib namun jangan diprioritaskan), perlu kalian ingat profesionalitas seorang blogger di nilai pada isi konten yang dibuat, so kalian harus bisa memilah, yang mana di priroritas terlebih dahulu, yang mana sampingan, yang mana sesaat, dan yang mana harus dikerjakan duluan.

Untuk mengasah kemampuan menulis kalian, mari ikuti Lomba Menulis Esai dan Poster Ocean 2016

Oke.. kembali dalam pokok pembahasan, yaitu semangat dan jiwa menulis.
Pertama kita bahas dahulu yang namanya "semangat".

Semangat dapat kita samakan dengan mood positif dalam suatu hal yang kita kerjakan, sehingga dengan semangat kita dapat menerobos masalah dengan tindakan, dan tak peduli apakah kelak tindakan yang dikeluarkan tersebut dapat memperoleh hasil positif atau negatif. yang terpenting semangat dulu.
lalu apa hubungan semangat dalam aktivitas blogging?
Semangat dalam aktvitas blogging memunculkan beberapa indikasi yang postif maupun negatif, misal: 
"aku sedang bersemangat-semangatnya menulis sebuah cerpen" , "aku sedang semangat-semangatnya menulis tentang trend hari ini" , "aku sedang semangat-semangatnya mencopas blog orang lain untuk digunakan sebagai konten ku" , "aku sedang bersemangat menipu keyword untuk meningkatkan posisi blog dalam pencarian google".
Nah.. di atas merupakan contoh beberapa semangat yang mungkin pernah kita terapkan selama mengarungi dunia blogging, tak perduli apakah semangat tersebut merugikan orang lain atau sebagai boomerang pada diri sendiri.

Namun pertanyaannya, apakah semangat tersebut dapat bertahan lama atau mencapai komitmen dari yang benak kita inginkan?

Tentu bagi sebagian blogger ada yang berhasil dan ada yang tidak, tergantung dari besarnya semangat yang dihasilkan.

Pengaruh keberhasilan tersebut, tentu berdasarkan komitmen dan konsisten.

Namun ada juga blogger yang komitmen dan konsisten, tetapi merasa kandas dan dapat di katakan kehilangan asa.(fase ini belum dapat dikatakan gagal).

Jika benar bahwa kalian adalah salah satu dari blogger yang belum beruntung atau blogger yang telah saya sebutkan di atas, maka permasalahannya adalah di "jiwa menulis" diri kalian.

Wow.. jiwa menulis atau bahasa kerennya passion merupakan unek-unek bagi setiap blogger pada awal terjun ke dunia blogging, tak menutup kemungkinan para blogger senior juga mengalaminya, tetapi karena blogger senior tersebut sudah mengenali kekurangan nya, maka secepat kilat para blogger senior tersebut menutupnya dengan kelebihan yang mereka miliki. benar tidak?

Bagaimana dengan yang pemula, yang terus-terusan mencari jati diri dalam jiwa menulis yang cocok?
Keep calm and be good.
Dalam aktivitas blogging yang baik, menurut saya jangan lah terpengaruh dengan yang namanya asal cepat atau asal ada, junjunglah kualitas dalam konten tulisan dan penyampaian. (jangan di anggap bahwa penyampaian pada artikel ini bagus ya, karena saya juga masih belajar :) ).

Jiwa menulis sangat berhubungan erat terhadap kualitas tulisan kita dan enjoy jika dikerjakan terus menerus, sehingga kita dapat menikmati dengan baik dalam yang namanya aktivitas blogging. benar tidak ?

Lalu bagaimana cara menemukan jiwa menulis tersebut?
Baiklah berikut saya jabarkan satu persatu tentang menemukan jiwa menulis dalam diri seorang blogger:

1. Keep writing without think.
Hehe sorry bahasa kampung nya kumat. Jadi jika kalian benar-benar merasa pemula atau noob, teruslah menulis tanpa berfikir, alias menulis bagaikan air yang mengalir, tanpa memikirkan niche apa yang harus ditulis, seo, laku atau tidak, terindeks google atau tidak, disukai orang atau tidak.
Mengapa hal tersebut harus dilakukan? 
Karena dengan seringnya kalian menulis berdasarkan ide dari kepala kalian sendiri, lama kelamaan otak yang telah kalian kerahkan tersebut akan membentuk sebuah  mindset kebiasan menulis, sehingga kedepannya kalian dapat membangun komitmen dan konsisten dalam menulis, lalu secara tak sadar kalian akan dipertemukan dengan yang namanya jiwa menulis / passion. setelah jiwa menulis tersebut melekat pada diri kalian, maka setiap orang akan mengenal tulisan kalian dengan ciri khas yang tak kalian sadari sebelumnya.

2. Hindari copy paste, bahasa mainstream nya copas.
Tentu kalian mengerti kenapa kebiasaan copas harus dimusnahkan dalam diri seorang blogger? karena kebiasaan copas dapat merugikan orang lain dan memusnahkan mood blogging kalian sendiri secara perlahan tapi pasti.

Sehingga saya sarankan kepada kalian semua bagi yang belum pernah melakukan copas artikel, lebih baik jangan dilakukan, tetapi jika kalian penasaran, silahkan dicoba, resiko ditanggung pemenang ya. (karena blogging penuh dengan yang namanya coba-coba).

Lalu bagi kalian yang masih kebiasaan men-copas, dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya sarankan untuk segera stop dari sekarang, karena mencuri adalah dosa menurut agama apapun.

Kebiasaan copas, saya yakin 100 % dapat menghambat  jiwa menulis pada diri kalian, karena semakin lama kalian kebiasaan mencopas, maka rasa bosan akan timbul dan berakhir dengan yang namanya pensiun dini dalam blogging., hahahah.

Karena perlu kalian ketahui, bahwa blog yang 100 % plagiat akan ditolak mentah-mentah oleh algoritma google 2016 ini, ingat loh kinerja google setiap tahun makin agresive, apalagi jika artikel yang copas ketahuan sama yang empu aslinya, dan lebih parahnya lagi di laporkan ke pihak kepolisan google, bisa-bisa blog yang kalian bangun dengan susah payah dengan copas dapat di banned atau deindex dari pencarian. Kan sia-sia perbuatan kotornya? udah dibanned, semangat menulis surut, dan jiwa menulis pun tak akan berani menghampiri kalian.

Jadi...say to copas yooo. :) (hanya saran ya kawan-kawan, jangan dimasukkan kehati :) ).

3. Jangan dulu memikirkan penghasilan.
Damn it... paling susah kalau udah bahas yang beginian, karena tak dapat saya pungkiri juga, bahwa hidup juga membutuhkan dengan yang namanya uang, ya minimal untuk menunjang operasional hidup pribadi.

Namun.. dalam dunia blogging bagi para pemula termasuk saya sendiri, tanpa mengurangi rasa hormat, janganlah dahulu kalian memimikirkan tentang penghasilan yang akan kalian dapat melalui aktivitas blogging.

Kendalikan diri kalian untuk tidak dulu mencari informasi mengenai "cara cepat menghasilkan uang di blog"<<< apakah keyword tersebut pernah kalian telusuri di pencarian google?

Jika benar.. kalian adalah blogger matre, sama seperti saya, hehehe.

Intinya, kalian harus memegang prinsip>> "memantaskan diri" . memantaskan diri yang bagaimana?

Yah.. seperti point-point yang sebutkan di atas, yaitu secara garis besar, kalian harus belajar dan terus belajar demi mengasah kualitas menulis kalian, kualitas yang bagaimana? yah minimal belajar menulis yang original, ikhlas dan jujur niscaya jiwa menulis melekat dalam diri kalian. (ingat loh kelak jika kalian sudah meninggal dunia, tulisan kalian masih tersimpan di google loh, jadi masih mau menuliskan informasi palsu atau copy paste? :) think again ).

Sehingga jika kalian sudah mencapai dalam fase memantaskan diri, dengan konten blog yang sudah cukup memadai, barulah kalian mensiasati bagaimana strategi cara menghasilkan uang di blog, banyak kok caranya digoogle.

So. jangan dulu pikirkan tentang uang bagi yang merasa pemula, jika kalian tetap ngotot untuk cepat-cepat menghasilkan uang yang melimpah di blog dalam waktu sekejap, kalian salah tempat kawan, silahkan kalian stop blogging, dan cari kerja di dunia lainnya. Maaf jika kasar :) .

Ingat.. Industri kreatif berbeda dengan industri kerja, tetapi akan ada saatnya dimana dompet orang para indutri kreatif menjadi gendut dibandingkan orang yang di industri kerja :) .

4. ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)
Semboyan ini sangat familiar di kalangan diskusi internet marketer, amati tiru dan modifikasi. Semboyan ini bagus dan efektif sekali jika kalian gunakan sebagai metode belajar blogging. Karena dengan meng"amati", kalian akan mendapatkan gambaran tentang jiwa menulis yang pantas kalian terapkan pada blog yang di kelola.

Kata "tiru" disini bukan copas ya, hehehe. 

Modifikasi sangat baik di terapkan bagi kalian yang sudah mendapatkan gambaran cemerlang tentang blog yang kalian kelola, gabungkan ilmu amati dan tiru barusan untuk di modifikasi sebaik mungkin, sehingga konten yang kalian buat, menjadi ciri khas yang baik dan "jiwa menulis" bagi kalian sendiri.

Banyak kok blog dan website yang bisa kalian jadikan refrensi dalam metode ATM, seperti: blog juragan cipir, maxmonroe, contohblog dan sebagainya. Mereka semua blogger yang profesional loh, pokoknya enak deh baca di setiap artikel mereka.
Selamat mencoba.

5. Jangan terjebak dalam SEO.
Seo itu penting, namun bagi kalian yang sedang dalam proses pencarian jiwa menulis, janganlah terlalu memikirkan SEO. Fokus saja ke konten baru suatu saat kalian mendalami SEO.

Bagaimana kawan? apakah ke 5 cara di atas dapat diterima?
Kesimpulan dari pernyataan di atas, junjunglah tinggi originalitas sebuah konten, jangan terlalu memikirkan apakah hasil konten yang dibuat menarik bagi pembaca atau tidak, karena yang namanya belajar membutuhkan sebuah proses yang begitu panjang. Sehingga didalam proses belajar tersebut akan membuat "jiwa menulis" merasuki di diri kalian. 
Oke kawan-kawan sepertinya sekian dulu artikel tentang 5 Cara Ngeblog Yang Baik Buat Pemula, kiranya mohon maaf jika terdapat salah kata dan kurang maksimalnya pennyampaian yang saya tuliskan di atas.
Jika terdapat pertanyaan atau saran, dapat kalian cantumkan di kotak komentar dibawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih.
#salambloginfoin
loading...
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Terimakasih atas info nya min. Kebetulan saya juga pemula. Hehehe..

    ReplyDelete

Gunakan kotak komentar dengan bijak dan berotak :).
Keep smart, no rasis, no pornografi, and no jual obat jamu.